Tuesday, 25 October 2011

Cara meningkatkan trafik pengunjung Blog

Salah satu hal menarik yang harus mulai dilirik setiap orang adalah NGE-BLOG. Ada banyak penyedia Blog Gratis seperti Blogspot ataupun wordpress. Saya pun menjadi lupa dengan waktu ketika mulai menulis konten di Blog, mengutak-atik blog, berkunjung ke blog-blog lain, mencari cara meningkatkan trafik Blog, dan lain sebagainya.
Salah satu hal yang menantang bagi setiap Blogger adalah mencari cara menaikan jumlah pengunjung kepada Blog yang kita kelola, baik yang benar-benar ingin membaca konten Blog kita atau sekedar Blogwalking saja. Sebenarnya banyak sekali blog yang sangat bagus dengan jumlah pengunjung perhari diatas rata-rata di dunia maya, mungkin blog Anda akan menjadi salah satunya. Akan tetapi yang menjadi kendala bagi blogger newbi seperti saya adalah sedikit sekali pengunjung yang datang dan kemungkinan malah belum ada sama sekali. Salah satu penyebabnya dikarenakan pemiliknya tidak pernah mengambil waktu luang untuk mempromosikan blognya.
Traffik Pengunjung blog adalah nyawa bagi keberhasilan sebuah bisnis di internet. Tidak heran jika didunia maya begitu banyak orang yang menghabiskan sebagaian besar modal mereka untuk beriklan di AdWords Google, dengan harapan traffic yang cepat dan banyak dari beriklan atau meningkatkan trafik. Silahkan memilih cara cepat tapi memerlukan banyak uang atau cara lambat tapi pasti dan gratis? Tidak semua dari blogger newbie seperti saya memiliki banyak uang, kalaupun ada mungkin digunakan untuk keperluan lain yang lebih penting. Tidak ada salahnya Saya memberikan cara-cara yang seratus persen Gratis untuk mengarahkan lalu lintas ke blog Anda. Cara ini otomatis mampu meningkatkan alexa rank juga.

Guest Posting
Cara meningkatkan pengunjung yang pertama adalah Guest Posting. Cara seperti ini bisa dikatakan lagi populer dan jarang dilakukan kebanyakan blogger. Menjadi penulis blog lain yang lebih populer. Jika Anda memiliki ide dan pintar menulis artikel yang berkualitas, jangan sia-siakan cara yang satu ini.  Anda tulis artikel yang berkualitas dan berikan link menuju blog Anda. Tentu saja dapat memberikan banyak trafik ke blog Anda. Cari blog yang menyediakan fasilitas ini dan tulis posting Anda kepada mereka. Biasanya Anda harus mendaftar dulu ke blog mereka, dan pastikan Anda membaca FAQ atau tata tertib blog mereka. Jika posting Anda disetujui dan diterbitkan oleh mereka, dan pembaca senang dengan tulisan Anda. Anda bisa mendapatkan banyak pengunjung, yang datang melalui link yang Anda arahkan menuju blog Anda. Salah satu web yang memberikan hal ini adalah http://www.kompasiana.com
Article Marketing
Langkah ini menyerupai Guest Posting. Tapi bisa dikatakan lebih elit, karena kebanyakan marketer kelas dunia juga melakukan hal ini. Cara ini juga bisa dikatakan salah satu cara meningkatkan trafik abadi. Sebagai contoh, Anda menulis di Artikel Direktori seperti EzineArticles.com. Sangat menguntungkan bila Anda pintar bahasa Inggris dan blog Anda juga berbahasa Inggris, serta mempunyai target market Internasional. Karena hampir semua Artikel Direktori Internasional tidak mendukung bahasa Indonesia. Selain bahasa Inggris, mereka juga menerima artikel bahasa Cina, Prancis, Italy, dan lain-lain tergantung FAQ mereka masing-masing. Daftar Artikel Direktori Internasional bisa Anda cek di postingan Saya yang lain di Top Article Directories Lengkap dengan Pagerank. Saya pilihkan Artikel Direktori yang memiliki pagerank dan tentunya dofollow.
Sementara untuk Daftar Artikel Direktori Indonesia bisa Anda cek di postingan Saya yang lain di Daftar Artikel Direktori Indonesia.
Jika artikel Anda diterima maka sangat menguntungkan bagi Anda, mereka bisa mengirimkan banyak pembaca ke blog Anda dalam waktu singkat. Anda juga mendapatkan backlink satu arah menuju blog  Anda melalui kotak sumber daya penulis (box author) atau dalam postingan/body artikel. Sambil menyelam minum air, mungkin itu kiasan yang tepat untuk langkah ini. Ya, Anda mendapatkan trafik pengunjung ke blog sekaligus mengoptimalkan SEO blog Anda untuk Search Engine, karena one-way backlink yang berkualitas.
Social Networking
Jangan pernah meremehkan kekuatan dari Facebook atau Twitter. Mereka dapat membantu Anda menghasilkan ton lalu lintas ke situs Anda jika Anda melakukannya dengan cara yang benar. Saya merekomendasikan Anda membuat halaman untuk blog Anda daripada menggunakan dinding profil Anda. Hal ini membantu Anda untuk menjelaskan kepada orang-orang yang tertarik dan tidak menyita waktu yang banyak bagi Anda. Berikan sesuatu yang bermanfaat bagi orang-orang daripada memberikan keluhan-keluhan Anda yang bagi orang lain itu sangat tidak bermanfaat. Lalu tawarkan juga link menuju situs Anda dengan cara yang baik. Promosikan halaman Anda dengan kata-kata yang realistis dan menarik (Bahasa Iklan).
Blog Commenting
Cara meningkatkan pengunjung yang bisa dibilang paling jadul akan tetapi bila dilakukan dengan cara yang baik, akan menghasilkan banyak  lalu-lintas untuk situs Anda. Ya, komentar di blog-blog lain dan meninggalkan alamat blog/situs Anda di kolom url yang disediakan. Akan lebih baik lagi bila blog-blog tersebut menganut do-follow link. Intinya adalah, tidak dianjurkan untuk melakukan spamming, karena malah akan menjauhkan Anda dari calon visitor Anda. Cara bicara Anda mampu menjelaskan siapa Anda. Komentar dengan bijak dan tidak melenceng dari tema yang dibahas. Pemilik blog, pengunjung lain, adalah manusia yang mampu menilai. Hindari komentar yang terkesan hanya ingin meninggalkan backlink. Ingat, Anda harus mempunyai alasan mengapa pengunjung lain harus bersimpati terhadap komentar Anda dan meng-klik link anda dan cara ini mampu meningkatkan alexa rank blog Saya.
Ada banyak cara meningkatkan pengunjung yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan trafik ke blog Anda. Anda bisa mencoba cara diatas dan melihat bagaimana mereka bekerja untuk Anda.


Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Alangkah berbudinya anda, jika sedikit meninggalkan pesan untuk saya...