Thursday, 2 February 2012

Antara Karl Marx dan Sang Buddha

Bila menurut Karl Marx orang mengalami keterasingan karena adanya ketidakadilan dalam sistem sosial, maka menurut Sang Buddha orang mengalami keterasingan karena ia tidak menyadari hakikat dirinya yang sejati.

Bila Marxisme bertujuan untuk membebaskan manusia dari keterasingan sosialnya, maka Buddhisme bertujuan membebaskan manusia dari keterasingan akan hakikat dirinya yang sejati.

Filsafat Barat menekankan akal dan pemikiran logis sebagai pusat kodrat manusia. Filsafat Timur lebih menekankan hati sebagai instrumen yg mempersatukan akal dan intuisi - perpaduan intelegensia dan perasaan. Tujuan utama berfilsafat adalah menjadi bijaksana dalam menghayati kehidupan. Filsafat Barat dan Timur punya keunggulan dan keunikan masing-masing. Yang Barat bisa diadaptasi oleh timur, dan yang Timur bisa diadaptasi oleh Barat. Contohnya the Beatles dan Steve Jobs yang belajar 'filsafat timur' di India. Atau Al Kindi, Ibnu Rusyd dan Al Farabi yang mentransformasi filsafat Yunani ke dunia Muslim dan kemudian diadopsi oleh dunia Barat.

Published with Blogger-droid v2.0.4

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Alangkah berbudinya anda, jika sedikit meninggalkan pesan untuk saya...