Friday, 24 February 2012

Pikiran dan materi.

Pikiran,

  1. Apakah setiap tindakan yang dilakukan pikiran dalam hubungannya dengan alam materi hanya sebatas mempengaruhi dirinya sendiri agar ia (pikiran itu sendiri) tidak terpengaruh ataupun terpengaruh oleh keadaan lingkungan.
  2. Apakah setiap rasa yang dialami oleh pikiran merupakan persepsi sempitnya atas apa yang terjadi pada alam materi(lingkungan yang diamati oleh pikiran itu sendiri) yang semestinya bahwa alam materi yang terbatas sama sekali tidak memiliki hubungan(terbatas pada korelasi secara langsung) dengan alam pikiran yang abstrak.
  3.  Jika keduanya(alam materi dan pikiran) memiliki hubungan yang mungkin dalam banyak hal, bagaimana korelasi antara keduanya terbentuk dan media seperti apa yang menjembatani hubungan keduanya?
  4. Jika dalam hubungan antara kedua lingkungan tersebut adalah satu hal yang pasti, maka seperti halnya pikiran yang memberikan respon terhadap materi yang diamatinya, maka materipun dapat dipastikan bisa dikontrol secara bebas oleh pikiran, lalu bagaimana hal seperti ini mungkin untuk terjadi? Dan apakah perkiraan seperti ini hanya dapat berlaku untuk keadaan khusus ataukah dapat diimplementasikan pada banyak hal?

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Alangkah berbudinya anda, jika sedikit meninggalkan pesan untuk saya...