Wednesday 6 April 2011

Tuhan dalam Pandangan Yahudi

Pertanyaan: Apakah sifat Allah dalam Yudaisme?

Bisakah Anda menjelaskan sifat Allah, seperti yang didefinisikan oleh tradisi Yahudi?

Jawaban: Rekan saya Rabi Nechemia Coopersmith menjelaskan sebagai berikut:

Dalam film horor "The Blob", sebuah jelly Raksasa seperti jatuh dari luar angkasa dan menelan segala sesuatu, mengambil ukuran dari apa pun dan memakannya.

Bayangkan gumpalan memanjang keluar dan menelan seluruh New York. Ia menjadi lebih besar dan lebih besar, membentang keluar menuju Atlantik, Eropa, Timur Tengah. Seluruh planet telah ditelan dan gumpalan terus meregang keluar seterusnya tanpa berhenti, mengunyah di alam semesta.

Apakah gumpalan ini tak terbatas atau terbatas?

Ini terbatas, tentu saja. Meskipun itu semakin besar dan besar, ia memiliki keliling, batasan. Ukurannya dapat diukur, karena merupakan bentuk fisik.

Tidak terbatas bukan berarti super-besar. Ini berarti tanpa batas dan penahanan. Apapun yang ada dalam ruang adalah dengan definisi terbatas, tidak peduli seberapa besar itu didapatnya.

Cobalah untuk menggambarkan Allah sebelum ada alam semesta.

Dimana Allah?
Kebanyakan orang membayangkan Tuhan yang berada di mana-mana, memperluas dan mengisi semuanya. Tapi di mana-mana, Anda membutuhkan ruang untuk menempatkan-Nya. Dan ruang tersebut belum dibuat! Tidak terbatas berarti di luar ruang. Tak terbatas. Inkorporeal/tidak berbadan. Tidak ada batas, massa tidak, tidak ada tempat.

Jika terasa seperti pikiran Anda hanya menabrak dinding, santai. Itu berarti Anda mendapatkan rasa dimensi tak terbatas. Ada kesulitan yang sudah tertanam dalam mencoba memahami "luar ruang" karena kita terjebak dalam dunia yang terbatas. Segala sesuatu yang kita rasakan akan disaring melalui pikiran kita yang terbatas dan dengan kosa kata terbatas. Meskipun kita tampaknya mendefinisikan kualitas yang luar ruang, kita tidak dapat sepenuhnya memahami apakah definisi kita benar-benar berarti.

Selain tak terbatas di ruang angkasa, ada juga tak terbatas dalam waktu.

Dalam film "Back To The Future", Marty McFly melakukan perjalanan bolak-balik dari masa lalu ke masa depan dengan mesin waktu. Apakah ini membuat Marty tak terbatas dalam hal berada di luar waktu?

Tentu saja tidak. Meskipun ia bisa bergerak kemanapun ia mau pada waktunya, akan tetapi ia selalu tetap dalam kerangka waktu.

Sekarang kita mengerti mengapa di film, Profesor memberikan ruang pembatasan perjalanan Marty, dan mengatakan kepadanya bahwa:

1) Dia tidak bisa mengubah sejarah.

2) Dia tidak bisa bertemu dengan dirinya di lain waktu koordinat. Profesor mengatakan kepadanya bahwa jika Marty 20 tahun hadir McFly adalah untuk memenuhi 40 tahun masa depan Marty McFly, waktu-terbungkus akan diciptakan menyebabkan waktu untuk mengungkap, menghancurkan seluruh alam semesta. (Hey - ini hanya sebuah film.)

Pada keterbatasan ini, yang kedua adalah hasil dari aspek perjalanan waktu terbatas. Bagaimana bisa satu orang berada di dua tempat di dua kali semua pada waktu yang sama?

Mustahil - kecuali Anda yang tak terbatas, benar-benar tidak terbebani dan di atas waktu. Menjadi diluar batasan waktu berarti berada di segala tempat setiap saat - semua pada waktu yang sama.

Nenek moyang kami Ibrahim memulai pencarian untuk dimensi yang tak terbatas ketika ia berusia tiga tahun dengan pertanyaan yang sangat sederhana, namun menusuk - jenis pertanyaan yang paling tiga anak usia tahun bertanya ketika mereka melihat sesuatu untuk pertama kalinya.

"Siapa ini?"

Suatu hari Abraham kecil melihat bulan dan meminta ayahnya, "Ayah, Siapakah yang memiliki bulan?" Ayahnya menjawab dalam cara apapun penyembah berhala menghormati diri: "Ini milik dewa bulan, Nak," ketika ia menarik dewa bulan dari rak untuk menunjukkan kepadanya.

Abraham pertanyaan berikutnya adalah, "Dan Siapa yang memiliki dewa bulan Yah?"

Dengan pertanyaan sederhana ini, Ibrahm berada pada titik puncak menemukan sumber penciptaan. Dia menyadari bahwa dewa hingga memiliki permulaan, sesuatu yang ada sebelum yang menciptakan mereka. Jadi Ibrahim akan terus mundur melalui proses, mencari awal dari semua itu, mengabaikan dewa terbatas yang ada dalam ruang dan waktu. Akhirnya ia mencapai Tuhan dengan modal yang G, Menjadi yang ada sebelum pernah ada waktu, dan bertanya, "Yah, yang menciptakan Allah mana? Dia datang?"

Dia menjadi yang ada di luar waktu tidak datang dari mana saja. Dia selalu ada. Jika sesuatu menciptakan Allah, Allah akan memiliki awal dan Dia akan terbatas, bukan tidak terbatas. Di luar waktu berarti tidak memiliki awal dan akhir. Kekal. Ini berarti tidak ada yang ada di hadapan Allah. 'Sebelum' adalah kualitas yang terikat waktu yang berlaku hanya untuk entitas terbatas. Oleh karena itu Allah disebut "Penyebab Pertama" - Penggerak Perdana - dimensi yang tidak memiliki dimensi lain yang mendahuluinya.

Abraham menemukan sumber yang tak terbatas keberadaan, sebuah kejadian Kekal, tanpa hambatan ruang dan waktu.

"Setiap orang Yahudi harus percaya dan tahu bahwa ada sesuatu yang menjadi Yang Pertama, tanpa awal atau akhir, yang membawa segala sesuatu menjadi ada dan terus mempertahankan mereka. Ini adalah Allah/Tuhan/Rabb." [Rabbi Moshe Chaim Luzzato, dalam karya abad ke-18, The Way of Allah]

0 komentar:

Post a Comment

Alangkah berbudinya anda, jika sedikit meninggalkan pesan untuk saya...