Thursday 27 October 2011

Cara memilih Mirror Repository agar Ubuntu 11.10 lebih Maksimal

Sistem Operasi Linux Ubuntu memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam hal tampilan dan penggunaan sistem operasi tersebut, terutama berkaitan dengan update aplikasi yang telah terinstall sebelumnya dalam OS Ubuntu tersebut. Pengguna Ubuntu dengan mudah dapat meng-update sistem operasinya hanya dengan mengetikan dua baris perintah di Terminal yaitu "sudo apt-get update" dan "sudo apt-get upgrade", bagi yang terbiasa menggunakan server utama Ubuntu sebagai server repository-nya. Tetapi karena server utama Ubuntu berada di luar negeri tentu waktu download dari repo Ubuntu menjadi sangat lambat dan menyita banyak waktu kita tentunya. Setelah browsing kebanyak tempat saya temukan cara agar kecepatan download dari repository kembali ke kecepatan semula (sampai 300 KB/s) yaitu dengan mencari mirror lokal (Indonesia dan sekitarnya) sebagai server repository. Lalu bagaimana cara memilih mirror repository yang baik bagi Ubuntu kita?? Silakan ikuti petunjuk berikut.

Mirror yang saya gunakan di Ubuntu 11.10

Mirror yang cepat v.s. mirror yang baik
Mirror yang cepat diukur dari kecepatan download ketika menginstal aplikasi. Untuk dapat memilih mirror yang cepat kalian dapat menggunakan aplikasi "Software Sources" yang biasanya sudah terinstal secara default di Ubuntu. Berikut cara memilih mirror yang cepat:
Buka Terminal dan ketik:
  1. sudo software-properties-gtk  
Pada tab "Ubuntu Software" klik pada drop-down yang bertuliskan "Download from" lalu pilih "Other ...".

Memilih mirror repository yang cepat

Pada jendela yang muncul klik "Select Best Server".

Pilih 'Select Best Server'

Aplikasi akan secara otomatis menjalankan tes untuk mencari mirror yang paling cepat. Ketika tes sudah selesai, anda langsung dipilihkan mirror tercepat yang "lolos" tes.

Mirror yang baik
Maksud dari mirror yang baik adalah konten atau aplikasi-aplikasi yang ada pada mirror tersebut selalu up-to-date dengan server repository utama Ubuntu. Perlu diketahui, mirror yang cepat belum tentu mirror yang baik. Berikut langkah-langkah bagaimana memilih mirror yang up-to-date dengan server utama Ubuntu.

Buka situs: https://launchpad.net/ubuntu/+archivemirrors, anda akan mendapatkan mirrors yang terdaftar di Ubuntu. Yang perlu anda perhatikan adalah tulisan "up to date", "one hour behind", "one day behind" dan semisalnya.

Mencari mirror repository yang baik untuk Ubuntu

Status "up to date", "one hour behind" dan semisalnya merupakan indikator kapan terakhir kali mirror tersebut melakukan sinkronisasi dengan server utama Ubuntu. Tentu saja yang paling baik adalah status "up to date".

Mirror yang ideal
Mirror yang ideal tentu saja perpaduan antara mirror yang cepat dan mirror yang baik. Lakukan pencarian mirror yang cepat dengan "Software Sources"  kemudian lihat statusnya pada situs di atas apakah "up to date" atau paling tidak "one day behind". Nah, saya pribadi menggunakan mirror dari "University of Indonesia" alias UI yang lumayan cepat dan memiliki status "one day behind" untuk Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot (mirror UI melakukan sinkronisasi paling tidak sekali dalam sehari). Untuk selanjutnya, silakan cari sendiri mirror yang nyaman untuk rekan-rekan pecinta Ubuntu.

 
Selamat menguji coba.

0 komentar:

Post a Comment

Alangkah berbudinya anda, jika sedikit meninggalkan pesan untuk saya...