Monday, 24 October 2011

Panduan Menginstall Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot

Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot Sudah dirilis pada tanggal 13 Oktober 2011, kurang lebih hampir dua minggu yang lalu. Oleh karena itu sebagai pecinta Ubuntu saya juga ingin memberikan mengenai cara instal Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot. Artikel ini ditujukan terutama bagi para pemula yang masih kebingungan ketika menginstal Ubuntu terutama yang menyangkut masalah partisi. Jika teman-teman sudah pernah menginstal Ubuntu sebelumnya, jangan khawatir karena instalasi Ubuntu Oneiric tidak jauh berbeda dari Ubuntu Natty. Silakan menyimak!


Baiklah, silakan nyalakan komputer dan booting lewat USB Booting Ubuntu dan tunggu sampai jendela seperti gambar di atas muncul. Jika rekan-rekan ingin mencoba Ubuntu terlebih dahulu silakan klik "Try Ubuntu", namun jika rekan-rekan ingin menginstal Ubuntu, harap klik "Install Ubuntu" sehingga gambar seperti di bawah ini muncul.


Ubuntu akan mengecek apakah komputer rekan-rekan siap diinstali Ubuntu, pastikan rekan-rekan menyiapkan ruangan hard disk minimal 4.4 GB dan jika rekan-rekan menggunakan laptop, pastikan kabel power terhubung di laptop. Klik "Continue" untuk melanjutkan instalasi.


Sekarang saatnya mengatur partisi, jika rekan-rekan ingin menghapus seluruh isi hard disk kemudian "mengisi"-nya dengan Ubuntu, silakan pilih opsi pertama, tapi jika rekan-rekan ingin mengatur sendiri partisi yang digunakan, silakan pilih opsi nomor dua yaitu "Something else". Ini merupakan bagian yang membingungkan untuk pemula. 


Setelah rekan-rekan selesai mengatur partisi, klik "Install Now" untuk memulai proses instalasi yang sebenarnya.




Sembari menunggu proses instalasi yang sedang berjalan, rekan-rekan diminta untuk memasukkan informasi mengenai lokasi (time zone), layout papan ketik, dan username serta password untuk login ke Ubuntu. Jika semuanya sudah selesai, silakan duduk manis sambil ngemil untuk menunggu proses instalasi selesai.


Proses instalasi biasanya berlangsung 15 - 30 menit tergantung kecepatan kompi rekan-rekan.

Semoga Sukses.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Alangkah berbudinya anda, jika sedikit meninggalkan pesan untuk saya...