Friday, 28 October 2011

Tips Meletakan Keyword Pada Artikel


Menentukan letak kata kunci atau keyword yang baik dan benar dalam sebuah artikel/posting memang cukup sulit untuk dijabarkan. Berikut saya buat tips menempatkan keyword yang baik dan benar dengan cara yang saya temukan, semoga mudah untuk dapat dipahami karena artikel ini mungkin beda-beda tipis dengan artikel cara nembak keyword yang juga banyak bertebaran. Keyword atau kata kunci merupakan inti dari sebuah konten yang kita buat atau bisa dikatakan: “keyword merupakan sebagian atau seluruhnya dari judul artikel yang kita buat”. Keyword yang panjang (baca: judul artikel yang panjang) biasa disebut juga dengan istilah longtail keyword, sengaja dibuat panjang oleh si penulisnya dengan tujuan untuk memperbesar peluang judul tersebut muncul dalam hasil pencarian search engine atau SERP dan mampu bersaing dengan blog lain dengan judul (keyword) serupa yang peringkatnya lebih tinggi. Pertanyaannya adalah bagaimana dan dimanakah kita harus meletakkan deretan kata kunci/keyword tersebut didalam artikel/postingan ?
Sebelum menjawab pertanyaan tadi mungkin perluuntuk disampaikan bahwa secara umum kata kunci terbagi menjadi 2 yaitu keyword abadi dan keyword musiman. Keyword abadi maksudnya adalah kata kunci yang akan selalu digunakan orang saat membuat sebuah artikel, dan topik ini merupakan topik yang ngga ada basinya karena selalu dicari orang lain tanpa mengingat batasan waktu. Contohnya adalah: Daftar Blog Dofollow , Backlink Gratis, Cara Membuat Blog, dll. Sedangkan keyword musiman adalah keyword/kata kunci yang digunakan pada momen atau waktu-waktu tertentu saja sesuai dengan bentuk kejadiannya. Misalnya saja, menjelang lebaran biasanya akan banyak sekali orang yang mencari referensi ucapan Selamat Idul Fitri untuk dikirimkan pada pacar, sahabat atau keluarga. Nah akhirnya muncullah kata kunci yang diwujudkan dalam bentuk judul sebuah artikel misalnya SMS Ucapan Selamat Idul Fitri. Banyak lagi contoh kata kunci yang dibuat berdasarkan momen atau kejadian pada saat itu, misalnya Video Hot AYU TING-TING yang bikin heboh itu tuh…!
Kembali pada topik, jawaban pertanyaan kunci tentang bagaimana dan dimana sebaiknya kita menempatkan kata kunci dalam sebuah artikel. Menurut referensi dari beberapa artikel yang pernah saya baca, posisi terbaik untuk meletakkan keyword adalah: 
  •          Pada paragraf pertama artikel (Mohon diingat !)
Saat menuliskan paragraf pertama artikel ini, sambil nulis saya juga sambil membayangkan bahwa saya adalah orang yang ingin mencari artikel dengan topik seputar masalah keyword. Sehingga kata-kata atau kalimat apa saja yang mungkin akan saya ketikkan di bar pencarian Google, maka pada paragraf pertama artikel ini saya tandai kata-kata atau kalimat tadi dengan tulisan cetak tebal (bold), underline, tulisan miring atau tulisan yang diberi warna lain. Tulisan yang ditandai (marked) seperti ini akan di indeks lebih dulu oleh search engine. Sekarang sudah paham toh maksudnya kenapa di paragraf pertama saya banyak tulisan yang dicetak tebal he he he.
  • Letakkan keyword dalam judul artikel
Sangat disarankan pada anda untuk tidak mengulang/menempatkan judul artikel secara utuh berkali-kali dalam artikel yang dibuat karena mbah Google akan menganggap tindakan anda adalah tindakan SPAM. Dan dalam istilah SEO tindakan mengulang-ulang keyword/judul seperti ini disebut juga keyword stuffing atau keyword yang “diisikan” berulang-ulang. Kalo rekan-rekan mau lebih jelas lagi, googling sendiri aja deh he he.

  • Rangkailah keyword-keyword natural
Rangkailah keyword-keyword anda menjadi untaian kalimat yang natural (baca: nyambung) sehingga tidak terkesan memaksakan dan buatlah juga link tautan antar artikel.Tingkat kerapatan atau kepadatan dari keyword (keyword density) yang dianjurkan oleh beberapa master SEO sekitar 2-5%. Cara menghitungnya adalah dengan membagi jumlah keyword yang kita buat dengan jumlah kata dalam artikel. Jika kesulitan atau masih bingung, cobalah cari tools Keyword Density di google.
  •     Cari dulu keyword atau judul tadi lebih dulu di Google
Sebelum menetapkan keyword atau judul postingan, cobalah cari dulu keyword atau judul tadi lebih dulu di Google untuk mengetahui berapa banyak dan siapa saja saingan anda. Dari 1-10 hasil pencarian Google tsb. cobalah intip kata kunci apa saja sebenarnya yang mereka gunakan dan dimana mereka meletakkannya. Kesimpulannya: “Sebelum berperang  tidak ada salahnya kalau anda harus mengukur kekuatan lawan dan mengukur kemampuan (baca: peluang) anda sendiri untuk menghadapinya”. Dan kalau strategi anda tepat, maka artikel anda bisa dipastikan akan mampu menembus halaman 1 hasil pencarian Google, inilah yang dimaui oleh semua orang.
  •     Menerapkan SEO on page pada postingan
Setelah semua teori diatas kita laksanakan, berarti kita juga sudah menerapkan SEO on page pada postingan. Langkah berikutnya tinggal melakukan SEO off page yaitu backlink yang mengarah langsung pada link artikel yang kita buat. 
 
Mungkin ini saja beberapa hal penting yang ingin saya share tentang Tips Meletakan Keyword Pada Artikel. Semoga artikel panjang yang ke sekian ini dapat bermanfaat untuk menambah ilmu dan wawasan kita Selamat berjuang!!!

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Alangkah berbudinya anda, jika sedikit meninggalkan pesan untuk saya...