Tuesday, 10 February 2015

Pengertian Enkripsi dan Cara Melakukannya Pada Android


(Foto : Techrepublic.com)

Jika kalian menggunakan perangkat Android untuk menyimpan data penting, ada baiknya mempertimbangkan untuk melakukan Enkripsi pada perangkat Android yang digunakan. Pin, Password maupun Pola yang digunakan pada LockScreen tampaknya belum cukup untuk menghindari Android kalian dari pencurian data.

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum kita melakukan Enkripsi pada Android. Proses Enkripsi harus dilakukan sampai selesai karena kalau tidak akan beresiko kehilangan sebagian atau bahkan semua data pada Android. Mari disimak tulisan di bawah ini yang saya kutip dari berbagai sumber.

(Foto : Howtogeek.com)

Apa itu Encryption ?

Encryption adalah proses dari encoding data pengguna yang dilakukan pada perangkat Android menggunakan sebuah encrypted key. Sekali perangkat itu di enkripsi, semua data pengguna akan secara otomatis ter-enkripsi sebelum pengguna tersebut melakukan proses dekripsi.

Jadi proses Enkripsi akan menyimpan data yang ada pada perangkat Android kalian ke dalam bentuk yang hanya bisa dibaca jika kalian memiliki pengenal (Pattern, Pin, Password, dll.) yang tepat, yang digunakan sebelum kalian melakukan enkripsi data.

Hal ini dapat menambahkan proteksi jika sekiranya Android yang kalian gunakan hilang / dicuri. Kalian bisa melakukan proses Encryption ini untuk melakukan proteksi pada seluruh Data di Android seperti data Akun, Data Aplikasi, musik, dan informasi download.

Jika perangkat Android yang kalian gunakan melakukan screen lock, maka kalian harus memasukan nomer PIN, password, ataupun pola setiap kali menyalakan perangkat Android untuk melakukan proses Decrypt. Hal ini sama dengan proses unlock screen yang biasa kita gunakan pada perangkat Android jika layar mati / terkunci.

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Enkripsi

Nah untuk melakukan proses Encryption / Enkripsi pada perangkat Android kalian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti di bawah ini :

Setting / atur Lockscreen PIN, password, ataupun pola pada perangkat Android yang ingin di enkripsi.Colokan charger pada perangkat Android yang akan di enkripsi.Kalian perlu tau bahwa proses enkripsi ini bisa memakan waktu 1 jam atau lebih. Jika proses diganggu atau digagalkan maka kemungkinan besar sebagian besar atau bahkan semua data pada perangkat Android akan hilang.

Cara Melakukan Enkripsi Pada Android

Nah jika kalian sudah tau Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum melakukan proses enkripsi, maka berikut ini Langkah-langkah untuk melakukan enkripsi pada perangkat Android :

Buka aplikasi Setting pada perangkat Android.Di dalam menu Setting Pilih Security.Di dalam Security pilih Encrypt tablet atau Encrypt phone.Baca Baik-baik informasi yang akan muncul pada perangkat Android kalian.Jika sudah dibaca, pilih Encrypt tablet atau Encrypt phone.Masukan PIN, Password, atau pola yang akan digunakan pada proses ini dan jangan sampai kalian lupa. Pilih Continue.Pilih lagi Encrypt tablet atau Encrypt phone.Setelah ini proses Enkripsi akan berjalan. Proses enkripsi ini bisa memakan waktu 1 jam atau lebih dan perangkat Android akan melakukan proses Reboot/Restart berulang kali sampai semua proses berhasil dilakukan.

Setelah proses enkripsi selesai, kalian diharuskan untuk memasukan Pin, Password, ataupun Pola yang sebelumnya digunakan pada proses Enkripsi. Hal ini juga berlaku tiap kali kalian menyalakan perangkat Android.

Bagaimana Cara kerja Enkripsi pada Android?

Enkripsi pada Android didasari oleh dm-crypt, yaitu sebuah fitur pada kernel yang bekerja lapisan perangkat. Karenanya, Enkripsi bekerja dengan Embedded MultiMediaCard (eMMC) dan menampilkan perangkat tersebut sebagai perangkat yang di block kepada Kernel.

Tidak semua perangkat Android dapat dilakukan proses Enkripsi, hal ini bisa disebabkan karena Versi Android yang tidak menyediakan Fitur tersebut maupun karena perangkat Android yang digunakan tidak Support Enkripsi di dalamnya.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Alangkah berbudinya anda, jika sedikit meninggalkan pesan untuk saya...