Thursday, 27 October 2011

Hal yang perlu dilakukan setelah Install Ubuntu 11.10 Bag.2

Artikel sebelumnya saya sudah menulis bagaimana menginstal codec dan plugin penting agar kita nyaman dalam berkomputer dengan Ubuntu, pada kesempatan kali ini saya ingin memberi info aplikasi-aplikasi apa saja yang dibutuhkan di Ubuntu. Aplikasi-aplikasi yang saya muat di sini adalah aplikasi yang sering digunakan untuk keperluan sehari-hari. Tentu saja, rekan-rekan bebas menentukan aplikasi apa saja yang diinstal di komputer.

GIMP (GNU Image Manipulation Program)
GIMP merupakan aplikasi pengedit gambar yang sangat populer di Ubuntu, sayangnya aplikasi ini tidak disertakan secara default di Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot. Jadi, rekan-rekan perlu menginstalnya sendiri.

GIMP di Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot

Untuk menginstal GIMP di Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot cukup ketik perintah berikut di Terminal:
  1. sudo apt-get install gimp  
Synaptic Package Manager
Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot hadir dengan Ubuntu Software Center yang sudah ditingkatkan kemampuan dan kemudahan tampilannya. Namun, jika rekan-rekan merindukan Synaptic Package Manager, rekan-rekan dapat dengan mudah menginstalnya.

Synaptic di Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot

Instal:
  1. sudo apt-get install synaptic  
CompizConfig Settings Manager
Jika rekan-rekan merupakan pengguna yang suka ngoprek Compiz untuk mendapatkan efek yang keren di desktop, aplikasi ini wajib rekan-rekan instal.

Modifikasi setingan Compiz dengan CCSM

Install:
  1. sudo apt-get install compizconfig-settings-manager  
Gnome Sushi
Kalian masih ingat dengan Gloobus Preview? Ya, aplikasi quick look tersebut sekarang sudah memiliki "saingan" yang bernama Gnome Sushi yang bisa diinstal langsung dari repository Ubuntu. Untuk menggunakan Gnome Sushi sangat mudah, rekan-rekan cukup menekan tombol spasi pada file yang bersangkutan untuk melihat preview-nya.

Gnome Sushi: Alternatif Gloobus Preview

Instal:
  1. sudo apt-get install gnome-sushi
    Selamat Berjuang..!!!

    Reaksi:

    0 komentar:

    Post a Comment

    Alangkah berbudinya anda, jika sedikit meninggalkan pesan untuk saya...