Friday, 28 October 2011

Agar Artikel dapat di indeks di Search Engine Yahoo

Rahasia Supaya Artikel Anda Cepat Di Indeks Yahoo Search Engine - Semua orang pasti ingin artikelnya di indeks Yahoo dengan cepat. Kenapa begitu ? Karena menurut pengalaman saya, Yahoo memang agak lambat dibandingkan dengan Google dalam urusan mengindeks artikel atau postingan yang sudah kita buat di blog. Dulu waktu awal-awal ngeblog, saya juga pernah mengalami artikel yang saya buat baru di indeks oleh Yahoo setelah 1 bulan. Setelah googling kesana-kemari dan bertanya kepada beberapa sahabat barulah saya tau penyebabnya kenapa artikel saya tidak terindeks oleh Yahoo. Penyebabnya waktu itu saya belum men-submit URL feed alias sitemap blog saya ke Yahoo Site Explorer, akibatnya ya gitu deh. Nah di posting ini saya ingin share pengalaman supaya artikel cepat terindeks oleh Yahoo atau Search Enginelainnya seperti Google atau Bing.
Supaya Artikel Cepat di Indeks oleh Yahoo Search Engine :
1.       Submit URL Feed atau Sitemap Blog ke Yahoo Site Explorer
·      Sobat harus login dulu ke akun Yahoo anda.
·      Langsung menuju ke Yahoo Site Explorer> pilih opsi Submit Site Feed
·      Alamat feeds default sebuah blog biasanya ada 4, supaya aman lebih baik sobat submit aja ke-4 alamat feeds atau sitemap blog sobat dengan format standart seperti ini :
http://alamat-blog-anda/atom.xml        
http://alamat-blog-anda/rss.xml
http://alamat-blog-anda/feeds/posts/default
http://alamat-blog-anda/feeds/posts/default?alt=rss
Contoh : http://jalancintapencari.blogspot.com/feeds/posts/default

2.       Gunakan Sitemap Generator sebagai Sitemap Alternatif
·      Silahkan klik link Sitemap Generator.
·      Masukkan alamat homepage blog anda dengan diakhiri tanda slash (/).

·      Klik tombol Create Blogger Sitemap
·      Hasilnya sobat akan diberikan sitemap untuk 3 search engine yaitu untuk Google, Yahoo dan Bing. Hasil sitemap untuk Google dengan format: atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500 harus sobat tambahkan dibelakang homepage sehingga menjadi seperti ini http://rayhanzhampiet.blogspot.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500, dan submit secara manual ke Google Webmaster.      Sedangkan untuk sitemap ke Yahoo dan Bing, sobat langsung klik tombol submit yang ada maka sitemap blog anda akan langsung dikirim secara otomatis ke 2 search engine tersebut.
·      Jika proses submit ke Yahoo dan Bing ini berhasil akan muncul pesan “Success”.
·      Jadi total Feed URL ataupun sitemap yang sobat submit ke Yahoo search engine ada 5. Menurut saya dengan menggunakan sitemap yang terakhir dari Sitemap Generator maka akan lebih banyak lagi halaman blog yang terindeks. Screenshoot dibawah ini saya ambil dari Google Webmaster yang memperlihatkan perbedaan yang sangat mencolok.  Feeds default hanya menunjukkan ada 18 postingan yang terindeks, sedangkan sitemap yang terakhir kita bahas menunjukkan hasil 273 postingan yang terindeks. Itulah kelebihan sitemap generator !!
3.       Submit Ulang (re-submit) Sitemap Anda Setiap 1 Bulan Sekali
Seorang sahabat saya Iskaruji dot com pernah menyarankan hal ini dan setelah saya praktekkan rutin setiap bulan melakukan re-submit sitemap, hasilnya cukup memuaskan karena setiap postingan berhasil terindeks oleh semua search engine. Thanks brother… !!
Yups.., akhirnya bongkar-bongkaran rahasia supaya artikel cepat di indeks Yahooyang cukup panjang ini selesai sudah. Tinggal sobat pertimbangkan sendiri mau ikut cara saya ini atau cara sendiri, semua terserah anda. Saya hanya mencoba memberikan yang terbaik untuk sobat semua. Semoga bermanfaat.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Alangkah berbudinya anda, jika sedikit meninggalkan pesan untuk saya...