Tuesday 17 January 2012

Kecerdasan Spiritual

KECERDASAN SPIRITUAL

by Susilo Pranowo @ Facebook

Apa itu KECERDASAN SPIRITUAL?

Kecerdasan spiritual atau yang biasa dikenal dengan SQ (Spiritual Quotient) adalah KECERDASAN  yang mengangkat fungsi JIWA MANUSIA sebagai perangkat internal diri yang memiliki KEMAMPUAN DAN KEPEKAAN dalam menghadapi KENYATAAN HIDUP. Kecerdasan spiritual walaupun mengandung kata SPIRITUALl tidak selalu terkait dengan kepercayaan atau agama. Kecerdasan ini lebih bernuansa pada PENCERAHAN JIWA dalam kaitan PENEMUAN JATI DIRI sejatinya manusia.

Semakin tinggi KECERDASAN SPIRITUAL seseorang, ia akan lebih MAMPU MEMAKNAI setiap  MASALAH yang dihadapi dalam hidupnya.  Dengan memberi makna yang positif, mereka akan mampu membangkitkan jiwanya untuk bersikap dan bertindak secara positif pula.

KECERDASAN SPIRITUAL memungkinkan manusia untuk berpikir secara KREATIF, BERWAWASAN jauh ke depan, INTUITIF, tambah CERDAS BERNALAR,  dan semakin BERKESADARAN. Nah, yang BERKESADARAN inilah yang membentuk SIKAP ASAH, ASIH, dan ASUH. Dan juga menumbuhkan SIKAP MEMAKLUMI yang tinggi.

Oleh karenanya, mari kita TERUS BELAJAR  tentang KESADARAN diri kita sendiri. Mari kita temukan DIRI KITA yang SEJATI.  Gali serta manfaatkan segala KEMAMPUAN dan KECERDASAN yang dibekalkan Gusti Allah kepada kita.

Siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan menemukan yang dicarinya.

Rahayu.

Published with Blogger-droid v2.0.3

0 komentar:

Post a Comment

Alangkah berbudinya anda, jika sedikit meninggalkan pesan untuk saya...