Thursday, 23 February 2012

Mendapatkan Ide Cemerlang Dengan Brainstorming

Mendapatkan Ide Cemerlang Dengan Brainstorming


Teknik Brainstorm Untuk Mendapatkan Ide Cemerlang
Saat ada permasalahan yang memerlukan solusi cemerlang atau saat kita merencanakan ide kegiatan yang menarik, teknik brainstorming sangat efektif digunakan. Namun, banyak yang kurang memahami point  penting yang   merupakan nilai  lebih  penggunaan metode brainstorming. Berikut ini aturan pokok cara dalam brainstorming.


1  | Ide Tanpa Batas
Dalam mengumpulkan ide-ide dari kelompok, semua pendapat diterima. Tak ada yang boleh mengkritik, menyanggah atau melewatkan satu ide pun. Segila apapun ide itu, entah logis atau tidak logis, semua diterima. Jangan biarkan satu orangpun ragu untuk mengungkapkan setiap   ide   yang   terlintas di kepala   mereka.   Siapa tahu   solusi   jitu   yang   dicari berawal dari
sebuah ide yang dianggap aneh atau tak masuk akal.


2  | Batasi Waktu
Waktu yang terbatas akan membuat pikiran bekerja lebih keras. Batasi proses brainstorming dengan singkat,sekitar 10 sampai 20 menit.   Pastikan   brainstorming   dimulai   dan   diakhiri tepat   waktu.   Singkatnya   waktu   juga   penting   untuk mengurangi   candaan   yang   tidak   perlu, meskipun   tidak dilarang. Karena ide cemerlang kadang   keluar   saat   kita mencari   ide   yang konyol untuk bercanda.


3  | CATAT
Yang tak boleh tertinggal dalam brainstorming adalah satu orang yang cukup cekatan untuk mencatat semuanya. Semua usulan yang masuk wajib dicatat. Lebih baik jika catatan dibuat dengan model    “mind   maping”    sehingga pada akhirnya mudah di riview  dan  diambil kesimpulan. Jangan   ragu   untuk mencatat dengan   alat   yang   paling   kamu   anggap   efektif. Misalnya white board, lembaran kertas kecil, notebook, atau bahkan merekamnya.


4  | Utamakan Kuantitas, Bukan Kualitas
Tujuan utama brainstorming adalah   mencari   ide   sebanyak mungkin.    Jangan   berhenti sejenak untuk melihat dan menilai ide-ide yang telah terkumpul. Prinsipnya, semakin banyak ide yang masuk, semakin besar kemungkinan salah satu dari ide-ide itu adalah solusi yang paling cemerlang.


5  | Gunakan Kedua Belah Otak
Orang   yang   sedang   berpikir   serius   biasanya   hanya menggunaka   otak   kiri.   Di   sisi   lain,   ide kreatif memerlukan   otak   kanan   kita.   Itulah   pentingnya   tak ada   larangan   untuk   bercanda, asal porsinya tak terlalu banyak. Cara mencatat ide yang terkumpul dengan pena berwarna dan format menarik juga merangsang kerja otak kanan kita.


6  | Have Fun
Sangat penting   membuat      suasana    saat   brainstorming     tetap   menyenangkan. Makanya seorang pemimpin diskusi harus mampu mengawali diskusi dengan sesuatu yang membuat suasana menyenangkan.


7  | Sekali lagi, JANGAN TERLEWATKAN
Seaneh apapun    ide  itu,  sekalipun   seperti   tak  ada hubungannya dengan masalah yang dibahas, jika memang  terlintas di  pikiran  jangan   sampai  tidak disampaikan.   Keragu-raguan untuk mengungkapkan ide yang terlintas akan beresiko membuat ide bagus terlewatkan.


Secara umum, prinsip  brainstorming seperti memilih mangga terbaik. Semakin banyak mangga dihadapan kita,  semakin besar kemungkinan  kita  menemukan mangga dengan kualitas   terbaik. Group   problem   solving   atau   menyelesaikan   masalah bersama-sama akan sangat efektif jika kita memperhatikan 7 aturan brainstorming di atas.


 sumber www.studyFUN.wordpress.com

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Alangkah berbudinya anda, jika sedikit meninggalkan pesan untuk saya...